Sabtu, 30 November 2013

JENIS BURUNG ALAP-ALAP DI INDONESIA (Suku Falconidae)


Burung Alap-Alap (Falconidae ) yang dikenal dengan “Burung Falcon” adalah burung berukuran sedang yang tersebar luas didunia. Burung alap-alap memiliki bentuk yang mirip dengan burung elang, namun berukuran lebih kecil. Ciri khas dari burung alap-alap adalah kecepatan terbang yang sangat luar biasa. Pada saat menerkam mangsa mereka akan mengantupkan kedua sayapnya dan menukuik seperti  jet dengan kecepatan mencapai 300 km/jam. Burung alap-alap adalah suku burung tercepat didunia, bahkan mungkin makhluk hidup tercepat di bumi.

Berikut ini adalah 6 jenis Burung Alap-Alap yang dapat ditemukan di Indonesia:     
1.     Alap-Alap Layang (Falco cenchroides)
Nama Inggris: Australian Kestrel, Nenkeen Kestrel     Falco cenchroides
Burung alap-alap ini memiliki ciri berukuran kecil sekitar 30 cm, memiliki ekor panjang berwarna coklat. Burung alap-alap jantan memiliki mahkota berwarna biru, punggung kemerah-merahan dan ekor abu-abu biru dengan bagian sub-terminal bergaris hitam dengan ujung putih. Kaki alap-alap ini berwarna kuning. Suara (kekekeke), Makanan (mamalia kecil, burung, cacing dan serangga), Penyebaran (Menetap hanya di Australia dan Papua Nugini Selatan), namun pada musim panas bermigrasi ke Nusa Tenggara, kadang-kadang tersesat  mencapai Jawa dan Bali).

2.    
Alap-Alap Walet (Falco subbuteo)
Nama Inggris: European HobbyALAP-ALAP WALET
Jenis burung alap-alap ini berukuran kecil (30 cm). Bagian atas berwana hitam, dada berwarna putih susu dengan berwak hitam dan bagian perut berwarna merah coklat. Penyebaran: Menetap di Afrika, Eurasia, dan Cina, pada musim dingin bermigrasi ke selatan. Burung alap-alap biasa memakan serangga dan burung kecil, termasuk walet.

3.    
Alap-Alap Macan (Falco severus)
Nama Inggris: Oriental Hobbyalap-alap macan
Jenis burung alap alap brukuran kecil (25 cm), berwarna hitam. Kepala dan tubuh bagian atas berwarna abu-abu gelap/hitam dengan corak kebiru-biruan. Bagian bawah berwarna coklat. Penyebaran: tersebar luas melalui  Asia tropika ke Indonesia , Papua Nugini dan kepulauan Solomon. Di Jawa dan Bali Jenis alap-alapini saat ini sudah jarang kita jumpai. Makanan burung alap-alap ini adalah serangga yang ditangkap saat terbang, kadang-kadang juga burung kecil.

4.    
Alap-Alap Capung (Michrohierax Fringillarius)
Nama Inggris: Black-Thighed Falconetburung Alap-Alap Capung
Jenis burung alap-alap berukuran sangat kecil (15 cm) dengan warna hitam dan putih. Tubuh bagian atas hitam dan bagian bawah putih kemerah-merahan. Jenis alap-alap ini adalah penghuni endemik sub-region Sunda, Malaya, Kalimantan, Sumatra, Jawa dan Bali. Di Jawa dan Bali sudah agak jarang ditemukan. Di Jawa jenis alap-alap ini berbiak pada bulan November dan Desember.

5.    
Alap-Alap Sapi (Falco molluccensis)
Nama Inggris: Moluccan Kestrelburung alap-alap sapi
Jenis burung alap-alap berukuran kecil (30 cm) berwarna coklat. Pada burung alap-alap jantan memiliki warna mahkota coklat kekuning-kuningan, bergaris dan berbintik hitam tebal. Tubuh bagian bawah kuning suram dengan coretan hitam tebal. Penyebaran: Jawa, Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Makanan jenis alap-alap ini adalah mamalia kecil, burung, kadal dan serangga.

|6.    
Alap-Alap Kawah (Falco feregrinus)
Nama Inggris: Peregrine Falconburung alap-alap kawah
Adalah jenis burung alap-alap berukuran besar (45 cm) berwarna gelap. Pada burung alap-alap dewasa, bagian atas berwarna abu-abu gelap, berbintik dan bergaris hitam. Pada bagian bawah berwarna putih dengan coretan hitam pada dada. Ukuran burung betina lebih besar dibandingkan dengan burung jantan. Penyebaran: hampir tersebar diseluruh dunia dan banyak jenis lokalnya. Di Jawa dan Bali terdapat terdapat jenis penetap yang tersebar luas sepanjang pantai berbatu dan lereng gunung sampai ketinggian 3000 m.
Sumber: Mackinonnon, John. 1991. Panduan Lapangan Pengenalan Burung-Burung di Jawa dan Bali. Gajah Mada University Press. Bulak Sumur. Yogyakarta

2 komentar: